4 Tips Kesehatan Telinga

tips kesehatanIndera pendengaran manusia mempunyai peran penting nan vital dalam kehidupan sehari – hari. Pasalnya dari telinga semua informasi bisa diketahui, dari telinga anda bisa belajar dan bekerja dengan baik. Makanya merawat telinga menjadi bagian terpenting yang harus dilakukan. Simak beberapa tips kesehatan telinga yang akan dibagikan dibawah ini.

Tips Kesehatan Telinga Yang Aman

Adapun tata cara untuk mengikuti tips kesehatan bagian telinga yang bisa dilakukan dengan mudah antara lain sebagai berikut.

  • Masyarakat indonesia sering sekali membersihkan telinga menggunakan pembersih telinga bernama cotton buds yang terbuat dari kapas, memang cukup memberikan kenyamanan dan kelembutan di telinga. Padahal dibalik itu semua sebenarnya anda tidak sedang membersihkan kotoran untuk keluar dari telinga, melainkan memasukkannya kembali. Setelah tahu sedemikian rupa, anda harus menghindari pemakaian cotton buds dalam proses menjaga kesehatan telinga. Bahayanya lagi ketika cotton buds nya lepas tinggal tangkai dan itu menggores dinding telinga, sangat sakit sekali sampai kadang berdarah menimbulkan bekas luka.
  • Cara mengeluarkan kotoran yang bisa langsung dicoba dengan mudah adalah gerakkan mengunyah makanan atau permen. Dari beberapa percobaan ternyata gerakan mengunyah makanan dan permen ini dapat mengeluarkan kotoran telinga lebih aman dan efektif pula ketimbang cotton buds, tanpa alat khusus maupun obat – obatan tertentu.
  • Terapi lilin patut dicoba bagi yang hendak benar – benar menjaga kesehatan telinga secara baik. Caranya adalah anda beli lalu bakar lilin. Dan selanjutnya ikuti instruksi yang benar selanjutnya dengan hati – hati.
  • Kurangi aktifitas nakal tangan yang suka sekali menggaruk – garuk telinga saat sedang gatal. Kebiasaan ini dapat berakibat buruk bagi telinga, seperti infeksi. Infeksi datang berarti penyakit lain akan muncul dengan cepat. Untuk itu saat terjadi infeksi langsung ke dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan) untuk berkonsultasi serta memberikan penanganan lebih lanjut.

Kurang lebih jika tips kesehatan telinga yang disarankan diatas telah dicoba dengan sedikit demi sedikit pasti dapat bermanfaat buat anda. Dengan intensitas yang sering akan memaksimalkan perawatan kesehatan telinga.

Related posts: