Arti Kata Hedonisme

arti kataSetiap manusia yang hidup di dunia tentu memiliki pandangan dan gaya hidup masing-masing. Salah satu pandangan hidup manusia saat hidup di dunia adalah sifat hedonisme. Apa arti kata hedonisme? Hedonisme merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu hedone yang memiliki arti kenikmatan, kesenangan, atau kegembiraan. Secara lebih sederhananya, pengertian hedonisme merujuk pada pandangan atau gaya hidup manusia yang lebih menyukai hal-hal yang berbau kemewahan, kenikmatan, dan kegembiraan. Menurut pandangan hedonisme, kebahagiaan dan kenikmatan hidup di dunia tidak boleh disia-siakan begitu saja. Oleh karena itu, setiap manusia harus mencari kebahagiaan dan kesenangan sebanyak mungkin karena tujuan hidup manusia adalah mencari kenikmatan dan kesenangan serta menghindari berbagai macam perasaan yang menyakitkan.

Apakah Arti Kata Hedonisme Baik Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa arti kata hedonisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa tujuan manusia hidup di dunia adalah untuk mencari kenikmatan dan kebahagiaan. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena bisa dipastikan bahwa semua orang tentu ingin mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan saat hidup di dunia. Namun, pendapat tersebut juga tidak sepenuhnya benar karena kaum hedonisme biasanya hanya mementingkan kenikmatan dunia saja tanpa memikirkan apa akibat yang terjadi saat mereka hanya mementingkan kesenangan diri sendiri saja. Kaum hedonisme selalu melakukan segala cara sebebas-bebasnya untuk memenuhi nafsu duniawi saat mengejar kenikmatan dunia. Selain itu, kaum hedonisme juga seringkali melakukan hal-hal yang negatif hanya untuk memenuhi kesenangan diri sendiri tanpa memikirkan dampaknya bagi orang lain. Paham kebebasan sebebas-bebasnya yang dianut oleh kaum hedonisme tentu tidak sesuai dengan kulur budaya masyarakat Indonesia.

Bagaimana, apakah kini Anda sudah paham arti kata hedonisme? Setelah mengetahui pengertian dan tujuan hidup dari kaum hedonisme, sebaiknya Anda menghindari diri dari sifat hedonisme tersebut. Namun, jika ternyata Anda merasa telah terlanjur menjadi bagian dari kaum hedonisme, sebaiknya sekarang Anda mulai mengubah diri sendiri secara perlahan-lahan. Ingatlah, bahwa tujuan manusia hidup di dunia bukan untuk mencari kesenangan dunia semata, melainkan juga untuk mencari kesenangan dan kebahagiaan di akhirat juga.

Related posts: