Bikin Kerupuk Ini Jadi Peluang Usaha Rumahan Anda!

peluang usaha rumahanSiapa yang tidak suka dengan kerupuk? Makanan yang gurih dan renyah ini hampir disukai oleh semua kalangan. dari masyarakat kalangan bawah hingga pejabat-pejabat pasti pernah makan kerupuk dan bahkan dijadikan sebagai makanan wajib disantap saat makan. Namun tahukah kamu jika kerupuk kini mampu jadi peluang usaha rumahan? Makanan murah ini rupanya kini digandrungi oleh pengusaha rumahan dan dijadikan sebagai olahan makanan khas daerah. Kini sudah banyak sekali olahan kerupuk yang ada di berbagai daerah dan hampir masing-masing tempat memiliki keunikannya. Nah kali ini kita akan belajar membuat kerupuk yang khas dan mampu menjadi bisnis rumahan. Kerupuk apakah itu? Mari kita baca ulasan di bawah ini.

Kerupuk, Peluang Usaha Rumahan Terhebat

Kerupuk biasanya kita temukan di warung makan dengan ciri bentuknya bulat berjaring dan berwarna putih. Namun jika sudah masuk ke market atau dunia bisnis, kerupuk yang dijual akan berbeda. Misalnya saja memiliki keunikan dari bentuk atau bahan dasarnya. Seperti di Kabupaten Pati, daun jati mampu disulap sebagai kerupuk oleh-oleh khas yang gurih dan renyah. Dari penjualan kerupuk daun jati inilah menjadi peluang usaha rumahan di Pati. Lalu sebenarnya bagaimana ya cara membuat kerupuk ini?

Untuk membuat kerupuk dari daun jati sebenarnya tidak rumit. Kamu cukup menyiapkan bahan utama berupa daun jati muda, bawang putih, gula, tepung tapioka, dan garam. Lalu sebagai MSG, kamu bisa  menggantinya dengan ikan. Adapun langkah pertama yang kamu lakukan adalah dengan memisahkan daun jati dengan tulang daunnya. Kemudian cuci dan potong kecil-kecil. Sedangkan semua bumbu digiling agar menjadi adonan. Setelah itu, campurkan adonan dengan potongan daun jati. Jangan lupa dikasih air hangat secukupnya. Kemudian adonan dikukus dan dinginkan ke dalam kulkas selama seharian. Setelah sehari mengendap, bikin adonan tipis-tipis dan jemur di bawah terik matahari. Setelah kering, adonan siap untuk digoreng dan dibungkus menarik. Nah begitulah peluang usaha rumahan dengan kerupuk daun jati. Cukup mudah kan?

Related posts: