Cara Budidaya Jamur Tiram Dan Sejarahnya

cara budidaya jamur tiramJamur tiram merupakan tanaman olahan makanan yang tertua didunia, karena jamur telah dikonsumsi oleh masyarakat lebih dari 1000 tahun yang lalu. Pada saat itu jamur tiram dimanfaatkan sebagai olahan makanan hanya dengan kemurahan alam seperti pada musim hujan karena pada musim panas jamur sangat sulit diperolah. Cara budidaya jamur tiram berawal dari seorang petani di Perancis sekitar tahun 1650an. Dan hasilnya sangat memuaskan, sejak saat itulah budidaya jamur mulai berkembang ke daerah sekitar seperti Inggris, Jerman, Denmark, Hongaria dan sebagainya. Hingga akhirnya sampai ke Indonesia sekitar tahun 1969 di daerah Dieng oleh sebuah perusahaan swasta nasional.

Awal Mula Cara Budidaya Jamur Tiram Di Indonesia

Memang pada awalnya ketersediaan akan jamur tiram hanya dari faktor alam saja karena hanya terjadi pada musim hujan. Sehingga pada musim panas ketersediaan akan jamur sangatlah terbatas bahkan nyaris tidak ada. Ide untuk memulai cara budidaya jamur tiram oleh petani ketika menyadari bahwa kebutuhan akan jamur terus meningkat, sehingga ketersediaan akan jamur yang ada semakin terbatas. Saat itu jamur merang menjadi favorit di kalangan masyarakat. Kemudian jamur champignion mulai dibudidayakan secara komersil sekitar tahun 1970an. Pada awalnya bibit jamur impor dari Amerika Serikat, jepang, Taiwan dan Korea. Saat itu produksi jamur hanya untuk diekspor dalam kemasan kaleng, karena di Indonesia sendiri belumlah populer untuk mengonsumsi jamur.

Hingga akhirnya budidaya jamur tiram diperkenalkan pada petani secara luas sekitar tahun 1988 yang saat itu diawali dengan petani di Cisarua. Dan mulailah masyarakat mulai mengenal jamur tiram sehingga petani bunga, peternak ayam dan yang lainnya mulai beralih menjadi petani jamur. Cara budidaya jamur tiram mulai banyak dipelajari oleh para mereka yang mulai beralih profesi menjadi petani jamur. Namun memang saat itu masih menjadi produk rumah tangga saja atau masih menjadi pekerjaan sampingan. Hingga akhirnya permintaan pasar kian meningkat maka budidaya jamur tiram menjadi usaha utama para petani. Nah selamat mencoba jadi petani jamur.

Related posts: