Cara Tanam Bibit Sayuran Yang Benar

bibit sayuranBercocok tanam bisa dilakukan oleh siapa saja, meskipun anda bukanlah seorang petani. Sudah banyak tutorial bertani yang bisa anda temukan di internet maupun buku dan majalah-majalah pertanian. Anda bisa memulai bercocok tanam dari rumah dengan media sederhana seperti pot maupun poly bag. Mulailah menanam tanaman hias, bunga hingga sayuran. Jika anda bisa merawatnya dengan baik maka anda sendiri yang akan menikmati hasilnya, untuk sayuran tentu nantinya bisa anda konsumsi jika sudah panen. Menanam berarti anda harus tahu bagaimana caranya mulai dari memilih bibit sayuran, bunga maupun buah yang berkualitas, hingga perawatannya untuk mendapatkan hasil panen yang juga berkualitas.

Menanam Bibit Sayuran Dengan Benar

Memilih bibit yang berkualitas untuk ditanam adalah hal penting dalam proses menanam sebuah tumbuhan. Lalu bagaimana proses menanam bibit sayuran atau tumbuhan lainnya yang benar agar mendapatkan hasil yang berkualitas? Pertama anda bisa mendapatkan bibit itu di toko persediaan pertanian, ataupun saat ini juga sudah banyak dijual di supermarket. Untuk menanam bibit-bibit tersebut anda membutuhkan tanah yang gembur. Terlebih dahulu anda harus menyiapkan tanah yang akan ditanami, bisa langsung berada di tanah maupun menggunakan media sepeti pot dan poly bag. Jika anda hendak menanamnya langsung di tanah, sebelumnya tanah tersebut harus dicangkul dan diberi air agar gembur lalu beri pupuk dan biarkan selama minimal 1 hari. Pupuk yang digunakan sebaiknya adalah pupuk kompos atau pupuk kandang karena lebih alami.

Jika tanah yang akan ditanami sudah siap, anda bisa menaburkan benih yang sudah anda beli di atas tanah tersebut. Lalu tutup kembali permukaannya dengan sedikit tanah, tidak perlu terlalu tebal permukaannya agar bibit sayuran lebih dapat cepat tumbuh dan muncul ke permukaan. Begitupun jika anda menanamnya di pot, kurang lebih caranya pun sama. Setelah ditanam, anda harus sering menengok perkembangan tanaman anda. Siram tanaman tersebut cukup satu kali sehari, pagi atau sore saja. Jika ada gulma, cabut gulma tersebut agar tidak mengganggu tumbuhnya bibit yang anda tanam. Biasanya dalam beberapa hari, bibit yang anda tanam akan mulai muncul daunnya, masa pertumbuhan ini tergantung pada tanaman apa yang anda tanam.

Related posts: