Daftar Makanan Bergizi Untuk Kesehatan Mata

kesehatanMata merupakan indera penglihatan yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang wajib dilakukan bagi kita semua. Sayangnya, tidak semua orang paham akan pentingnya menjaga mata sehat. Tidak heran, banyak orang yang telah mengalami gangguan mata akibat melalaikan pentingnya menjaga kesegaran mata. Rabun jauh, rabun dekat, dan katarak merupakan sederet penyakit yang disebabkan karena kebugaran mata terganggu. Sebenarnya, menjaga mata agar tetap sehat sangat mudah dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dalam beberapa makanan, terkandung zat-zat yang sangat berpengaruh baik terhadap fungsi kerja mata. Jadi, tidak perlu melakukan perawatan mata yang mengeluarkan biaya mahal, hanya dengan rajin mengonsumsi makanan sehat maka hal tersebut sudah termasuk usaha untuk menjaga fungsi mata.

Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung zat bergizi dan baik untuk menjaga serta merawat kesehatan mata:

  1. Ikan Salmon

Dengan kandungannya yang kaya akan Omega-3, asam folat, vitamin A, vitamin B6, Vitamin B12, serta Vitamin D, Ikan salmon menjadi pilihan yang tepat untuk memelihara kebugaran mata.

  1. Brokoli dan Bayam

Brokoli dan bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin, yaitu vitamin A dan Vitamin C. Kedua vitamin tersebut sangat berperan penting dalam menjaga mata agar tetap sehat dan fresh.

  1. Daging Merah dan Telur

Kandungan vitamin dan zinc dalam telur dan daging merah sangat bermanfaat untuk menjaga pigmen mata.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah dengan kandungan zat leutin terbanyak jika dibandingkan dengan berbagai buah-buahan lainnya. Leutin sangat berfungsi untuk mencegah penyakit mata katarak.

  1. Tomat dan Wortel

Wortel mengandung zat yang dapat diubah menjadi vitamin A, yaitu suatu zat yang dinamakan beta-karotin. Sedangkan tomat juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Oleh karena itu, keduanya sangat penting untuk mata.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa makanan lain yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, antara lain cokelat hitam, bawang putih, biji bunga matahari, kacang-kacangan, Blueberry, daun selada, jambu biji, kiwi, anggur, uji jalar, jeruk, dll. Jika ingin mata tetap sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan tersebut secara bergantian setiap hari agar kebutuhan nutrisi mata terpenuhi.

Related posts: