Diet Dengan Air Putih

tips kesehatanTubuh langsing dan sehat sudah pasti menjadi dambaan setiap kaum wanita. Salah satu cara yang biasa dilakukan yaitu dengan diet. Diet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan bentuk tubuh yang proporsional. Diet bukan berarti mengurangi  asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, tetapi justru memenuhi semua asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga melakukan berbagai kegiatan yang akan mendukung terjadinya metabolisme yang baik untuk tubuh. Ada berbagai macam makanan dan minuman yang dapat dijadikan sebagai patokan diet seperti beras merah, roti gandum, teh pelangsing dan sebagainya. Namun masih banyak yang belum tahu bahwa ternyata air putih pun dapat digunakan sebagai minuman untuk diet.

Diet sehat dan hemat dengan konsumsi air putih

Air merupakan salah satu unsur terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena 70 % kandungan dari tubuh kita adalah air. Jika kita kurang mengkonsumsi air maka kita akan mengalami dehidrasi, penumpukan lemak serta masalah pada metabolisme dan pencernaan. Untuk itu dianjurkan meminum minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Meminum air juga dapat membantu mengurangi nafsu makan, membantu pertumbuhan otot serta meningkatkan metabolisme tubuh. Diet air putih masih menjadi pilihan banyak orang untuk membantu menurunkan berat badan karena air putih mengandung nol kalori dan yang paling penting adalah murah meriah dan mudah didapat.  Namun banyak yang salah kaprah tentang diet air putih ini. Banyak yang mengira bahwa diet ini hanya mengkonsumsi air putih saja tanpa didampingi asupan nutrisi lain. Sebenarnya anggapan seperti ini justru salah. Karena tubuh juga membutuhkan asupan makanan sebagai sumber kalori sebagai sumber energy dan kebutuhan tubuh yang lain. Adapun cara yang benar adalah sebagai berikut:

  • Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan rutin mengonsumsi air putih hingga 8 gelas sehari akan membantu meningkatkan kinerja ginjal dan hati. Selain itu juga dapat menjaga metabolisme tubuh sehingga dapat menjaga kestabilan berat badan.
  • Sebelum makan dianjurkan untuk meminum 2 gelas air putih. Hal ini bertujuan untuk menekan nafsu makan dengan memberikan efek kenyang agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang dapat mengakibatkan obesitas.
  • Tidak cukup berhenti disitu saja, selain rutin mengkonsumsi air putih tentunya harus dibarengi dengan olahraga teratur serta konsumsi buah dan sayur. Salah satu olahraga yang efektif untuk membakar lemak adalah berlari, berenang, bersepeda dan senam aerobik.

Terapi air putih merupakan kebiasaan yang harus diterapkan secara teratur tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga untuk mendapatkan tubuh sehat. Namun mengkonsumsi air juga tidak boleh berlebihan karena hal malah akan merusak ginjal Anda. Mengkonsumsi air secara berlebihan terutama bagi penderita ginjal dan jantung akan menjadikan air masuk ke dalam pembuluh darah. Jika hal tersebut terjadi maka volume darah akan meningkat dan akan membebani kinerja jantung supaya dapat memompa lebih cepat dan menjadikan ginjal untuk bekerja lebih keras lagi dari yang seharusnya. Hal ini tentunya akan membahayakan tubuh Anda.

Related posts: