Inilah Standar Kualitas Uang Indonesia

uangindonesiaSetiap mata uang di seluruh dunia harus memiliki standar kualitas sehingga mata uang tersebut bisa dijadikan mata uang resmi dan digunakan sebagai alat pembayaran. Begitu pula dengan mata uang Indonesia, baik uang kertas maupun uang logam yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, memiliki standar kualitas yang harus dipenuhi. Berikut merupakan standar kualitas uang Indonesia yang layak untuk digunakan.

Standar Kualitas Uang Indonesia Bentuk Uang Kertas

Standar kualitas uang Indonesia dalam bentuk uang kertas dapat dibagi menjadi beberapa kriteria besar yaitu uang layak edar (ULE) dan uang tidak layak edar (UTLE). Uang tidak layak edar terdiri dariĀ  uang lusuh, uang cacat dan uang rusak. Uang layak edar merupakan uang asli yang memenuhi seluruh syarat untuk dapat diedarkan sesuai dengan standar kualitas yang dikeluarkan dan ditetapkan oleh Bank Indonesia. Jika uang kertas Indonesia tersebut memenuhi standar ini, maka uang tersebut dapat diedarkan serta digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Uang tidak layak edar (UTLE) merupakan uang asli namun tidak memenuhi sebagian dari persyaratan untuk dapat diedarkan sesuai dengan ketetapan standar kualitas yang dibuat oleh Bank Indonesia.

Uang tidak layak edar (UTLE) dibagi menjadi tiga yaitu uang lusuh, uang cacat dan uang rusak. Uang lusuh merupakan uang Indonesia yang bentuk fisiknya tidak berubah namun kondisi uang berubah karena terkena bahan kimia, coretan, minyak dan jamur. Uang cacat merupakan uang yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Uang rusak merupakan uang yang bentuk atau ukuran fisiknya telah berubah seperti karena terbakar, berlobang, mengerut dan berbagai faktor lainnya.

Standar Kualitas Uang Indonesia Bentuk Uang Logam

Standar kualitas uangindonesia untuk bentuk uang logam tergolong lebih mudah dipenuhi daripada standar kualitas dari uang kertas. Syarat bagi uang logam agar mememuhi kriteria layak edar yaitu uang logam tersebut merupakan uang logam asli cetakan Bank Indonesia, tidak mengalami perubahan warna walaupun terbakar, korosi, kotor atau disebabkan oleh zat kimia tertentu, memiliki bentuk yang utuh dan standar serta tidak memiliki bagian yang terpotong, hilang, tertekuk atau bengkok.

Related posts: