Jenis Kabel Yang Digunakan Oleh Perangkat Jaringan Komputer

perangkat jaringan komputerPerangkat jaringan komputer menggunakan berbagai alat pendukung agar supaya bisa berjalan dengan baik dan benar. Sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer yang ada di sebuah perusahaan ataupun perkantoran menjadi salah sattu faktor penting yang sangat menentukan kemajuan dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini terkait dengan kualitas kerja yang di hasilkan karyawan. Maka dari itu banyak perusahaan yang kemudian rela untuk mengeluarkan biaya yang tak sedikit hanya untuk memasang jenis perangkat untuk jaringan komputer.

Jenis Kabel Yang Digunakan Oleh Perangkat Jaringan Komputer

Bagi Anda yang mengetahui tentang seluk beluk komputer tentunya memahami bahwa perangkat jaringan komputer membutuhkan beberapa jenis kabel yang akan mendukung kinerja dari jaringan komputer yang di pasang. Demi kepentingan mudahnya konektivitas antar komputer sehingga pekerjaan bertukar data dan informasi akan menjadi lebih mudah untuk di lakukan. Kabel yang akan diĀ  gunakan dalam memasang peralatan yang dibutuhkan dalam jaringan komputer bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setidaknya ada 3 macam kabel yang masuk ke dalam tipe kabel untuk jaringan komputer, berikut ulasan singkat mengenai apa saja jenis kabel serta bentuk yang di milikinya.

  • Kabel Coaxial

Tampilan luar yang dimiliki oleh kabel ini adalah kabel yang terdiri dari kawat tembaga sebagai inti dari kabel yang di kelilingi oleh konduktor yang berasal dari luar. Kabel tersebut kemudian akan di balut dengan bahan yang sejenis dengan PVC yang menjadi lapisan isolator yang terluar dari kabel sehingga keamanannya terjaga.

  • Kabel Twisted Pair

Bentuk dari kabel jenis ini adalah terdiri dari pasangan kabel yang memiliki susunan secara berlilitan atau dengan bentuk menyerupai spiral. Kabel jenis ini memiliki konektor yang terbuat dari plastik serta dibungkus dengan pembungkus kabel jenis STP.

  • Fiber Optik

Kabel ini memiliki kualitas dan teknologi yang lebih baik ketimbang 2 jenis kabel sebelumnya. Merupakan jenis kabel dengan teknologi yang paling baru serta memiliki banyak sekali kelebihan di antaranya adalah kemampuannya untuk bisa mentransfer data dengan kemampuan yang super cepat. Demikian sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis kabel yang di gunakan dalam perangkat jaringan komputer.

Related posts: