Kenali Jenis Bahan Bangunan Dengan Kualitas Tinggi

bahan bangunanBahan bangunan adalah salah satu unsur yang sangat penting saat Anda membangun sebuah rumah atau gedung. Pemilihan bahan untuk bangunan memerlukan kejelian dan ketelitian yang sangat tinggi, meski untuk beberapa bahan memang membutuhkan seorang ahli untuk bisa mengenali jenis bahan yang memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu jika Anda seorang yang awam terhadap masalah bahan untuk bangunan tetapi Anda di beri tanggung jawab untuk membangun sebuah bangunan sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu beberapa bahan yang memiliki kualitas terbaik.

Kriteria Jenis Bahan Bangunan Dengan Kualitas Terbaik

Untuk memilih jenis bahan bangunan yang berkualitas Anda perlu untuk melakukan pengamatan sekaligus uji coba terhadap beberapa jenis bahan untuk bangunan yang ada di pasaran. Selain itu Anda juga bisa bertanya pada ahli bangunan tentang jenis bahan apa yang di rekomendasikan untuk bangunan rancangan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa jenis bahan untuk bangunan dengan kriteria kualitas yang bagus dan teruji.

  • Beton

Bahan untuk bangunan ini adalah jenis bahan untuk membangun sebuah bangunan yang terbuat dari campuran semen, batu dan pasir. Campuran ini akan di olah dengan cara tersendiri dan akan di cetak dengan cetakan khusus. Nantinya bahan yang sudah tercetak ini akan di pasang menjadi salah satu bagian dari bangunan yang sedang Anda kerjakan. Setiap beton juga memiliki kriteria kekuatan tersendiri, jika terdapat tulisan K-250 maka beton tersebut memiliki kekuatan tekan sebesar 250 kg/m2.

  • Pasir

Secara umum pasir juga di sebut sebagai salah satu jenis bahan utama dalam bangunan. Pasir di gunakan sebagai pengikat beberapa jenis bahan untuk bangunan seperti sebagai campuran semen untuk membuat beton. Biasanya terdapat 3 jenis tes untuk mengetahui kualitas pasir yaitu tes besar butiran, tes lumpur dan tes organik.

  • Batako

Jenis batako merupakan bahan untuk bangunan yang terbuat dari campuran semen dan pasir serta beberapa lainnya. Bisa di katakan jika batako hampir sama dengan batu bata hanya saja batako memiliki kekuatan yang lebih di bandingkan dengan batu bata. Batako bisa di gunakan untuk beberapa jenis keperluan bangunan. Itulah kriteria beberapa jenis bahan bangunan.

Related posts: