Lagu Indonesia Raya Menyatu dalam Jiwa Pemuda

lagu indonesia rayaPeran pemuda untuk memajukan sebuah bangsa sangatlah besar. Lagu Indonesia Raya saja dapat begitu mengena pada hati rakyat saat itu karena selalu dinyanyikan dengan sepenuh jiwa oleh para pemuda yang ingin Indonesia merdeka. Kemerdekaan Indonesia pun tidak lepas dari peran serta para pemuda yang berjuang demi kemerdekaan. Oleh sebab itu, pemuda dan pemudi Indonesia saat ini pun seharusnya tidak pernah pupus dari keinginan memajukan bangsa Indonesia. Bangsa yang dahulu pernah begitu tak terkalahkan yang dikenal dengan sebutan macan Asia dan memiliki armada angkatan bersenjata yang terbesar nomor tiga di dunia.

Jiwa Patriotisme Untuk Pemuda dalam Lagu Indonesia Raya

Lagu yang selalu dinyanyikan setiap hari Senin dalam upacara bendera pasti sudah bukan hal yang asing lagi bagi pemuda dan pemudi Indonesia. Namun, rasa patriotisme dan nasionalisme dalam lagu tersebut sudah tidak sama lagi dengan jaman dahulu ketika Indonesia masih berjuang untuk merdeka. Lagu Indonesia Raya pada jaman dahulu menjadi begitu mengena pada hati pemuda dan rakyat Indonesia. Sudah seharusnya rasa itu masih ada hingga kini. Sebab, tanpa perjuangan para pemuda dan pahlawan pada saat itu, kita tak akan mungkin dapat menyanyikan lagu gubahan WR. Soepratman ini. Memang apa yang menjadi kebiasaan pemuda saat ini begitu berbeda dengan jaman dahulu.

Masih ingatkah Anda dengan pemuda yang menghina salah satu Jenderal Besar Soedirman? Miris. Atau masih ingatkah Anda dengan pemuda pemudi yang saling menghina suku bangsa? Tidak lah pantas hal tersebut dapat terjadi setelah perjuangan panjang para pahlawan untuk merebut kemerdekaan. Indonesia memang belum dapat disebut merdeka yang sejahtera. Itulah tugas para pemuda saat ini untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi bukan malah menghancurkannya. Lagu Indonesia Raya telah mengajarkan bangsa kita untuk bangga dengan keanekaragaman suku bangsa dan kekayaan alamnya yang melimpah, serta menghormati perjuangan para pahlawannya. Jangan hanya bernyanyi tanpa dipikirkan maknanya. Lagu kebangsaan Indonesia adalah kebanggaan Anda sebagai warga negara Indonesia.

Related posts: