Macam-Macam Handle Pada Reel Pancing

reel pancingSobat, pernahkah kamu mendengar istilah handle pada reel pancing? Jika tidak mengetahuinya, mungkin kamu bukan penyuka memancing. Atau mungkin kamu hobi memancing namun memang tidak mengenalinya. Namun kamu pastinya kenal dengan istilah reel kan? Alat yang satu ini dibutuhkan ketika kamu sedang memancing, lho. Sedangkan handle merupakan bagian yang ada pada reel. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kedua bagian ini, kali ini artikel ini akan mengulasnya. Maka dari itu, langsung kita simak saja ulasan berikut ini ya.

Handle Pada Reel Pancing

Seperti apa yang sudah disebutkan di awal artikel bahwa handle dan anti-reverse system merupakan bagian yang ada pada reel pancing. Kedua bagian ini adalah bagian yang penting pada reel. Handle merupakan bagian reel yang digunakan untuk menarik-ulurkan tali pancing. Bagian ini termasuk bagian yang sensitif, loh sob. Karena jika kamu menarik tali pancing dengan kencang atau memaksakan tali pancing mengangkut ikan yang jumbo, maka yang terjadi adalah tali pancing akan putus atau bahkan handle akan terlepas dari reel. Nah untuk menghindari kerusakan, maka ada tips memilih handle ini. Pilihlah reel dengan power handle alias handle yang sudah langsung pada driver gear. Power handle yang bagus yakni jika handle diputar ke depan, maka handle akan semakin terpasang kuat dan terkunci. Sedangkan jika kita memutar handle ke belakang, maka handle akan terlepas. Namun ada handle yang tidak bekerja seperti itu. Ketika diputar ke depan justru ada yang hingga terlepas karena kualitasnya biasanya kualitasnya buruk.

Jika kamu akan membeli reel, hendaknya memilih reel yang sudah ada handlenya. Hal ini dikarenakan handle biasanya dipasang dengan aman dan kuat. Sedangkan jika membeli secara terpisah, maka kamu perlu memasang baut untuk mengencangkan handle. Handle berbaut inilah yang mudah terlepas dari reel. Ada banyak  macam handle pada reel pancing. Biasanya dibedakan atas pegangannya. Ada power handle biasa, eva knob handle, dan harganya pun bervariasi tergantung kualitasnya.

Related posts: