Manfaat Kunyit Untuk Atasi Masalah Kesehatan

tips kesehatanIndonesia terkenal dengan kesuburan tanahnya yang banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan yang bermanfaat untuk manusia. Salah satu tanaman yang menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia adalah tanaman rempah-rempahnya. Tanaman rempah-rempah sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan setiap jenisnya tersebut memiliki khasiat dan manfaat yang beragam terutama untuk kesehatan. Salah satu jenis tanaman rempah yang akan di bahas dalam artikel ini adalah kunyit. Kunyit tergolong dalam tanaman jahe-jahean yang sudah sejak lama terkenal memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Mulai untuk mengatasi masalah penyakit ringan sampai dengan penyakit kronis. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kunyit mampu secara alami menyembuhkan penyakit yang tidak kalah berkhasiat dengan obat-obatan kimiawi.

Seperti kita ketahui seiring perkembangan zaman mobilitas masyarakat dengan segudang kegiatan tidak jarang menimbulkan masalah kesehatan, dari penyakit ringan sampai dengan penyakit kronis yang mematikan. Selain kondisi lingkungan yang tidak bersih, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi pemicu utama penyebaran berbagai penyakit tersebut. penggunaan obat kimiawi sering menjadi pilihan utama untuk mengatasi masalah kesehatan yang beraneka macam, namun penggunaan obat-obatan tersebut tidak jarang menimbulkan berbagai efek samping yang tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu pemanfaatan tanaman atau bahan alami bisa menjadi pilihan bijak bagi Anda yang sering mengalami masalah kesehatan. Kunyit sendiri memiliki nama latin yang cukup banyak salah satunya adalah Curcuma Domestia Rumph.

Tanaman ini kaya akan nutrisi yang berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti kandungan Kurkumin, Selulosa, Resin, Desmetoksikurkumin, Bides-Metoksikurkumin dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut mampu mengatasi masalah kesehatan seperti demam, infeksi, alergi pada kulit, obat peradangan, obat asma dan sesak nafas, obat maag, obat diare, obat untuk meringankan nyeri haid dan obat tifus. Selain penyakit-penyakit tersebut kunyit juga dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap penyakit kanker, Alzheimer, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke dan juga obat bagi penderita penyakit diabetes melitus. Cara pengolahannya juga beragam bisa untuk campuran masakan, bisa dengan mengambil sarinya dengan diparut untuk diminum dan lain sebagainya. Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi masalah kesehatan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan para pembaca sekalian.

Related posts: