Manfaat Luar Biasa Bersepeda Untuk Tubuh

tips kesehatanSepeda adalah salah satu jenis alat transportasi yang mudah dikendarai dan memiliki harga terjangkau. Namun kenyataannya tak sedikit orang yang jarang menggunakannya atau bahkan hanya sekedar memilikinya. Sebab sejalan dengan perkembangan zaman maka orang-orang memiliki kecenderungan menggunakan alat transportasi yang lebih cepat untuk sampai di tempat yang dituju.

Sebagai buktinya pada hari kerja kita dapat melihat kemacetan di jalan baik karena deretan sepeda motor maupun mobil. Hanya pada hari tertentu seperti ketika car free day kita dapat menyaksikan banyak orang menggunakan sepedanya. Bersepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin bersepeda.

  1. Menjaga kesehatan dan menguatkan jantung Anda. Pada sebuah study, kegiatan bersepeda selama 30 menit dengan intensitas tiga kali seminggu dalam waktu satu tahun dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat pada tubuh.
  2. Efektif membakar kalori pada tubuh. Impian mempunyai tubuh proporsional bisa menjadi kenyataan dengan bersepeda secara rutin, sebab bersepeda sangat efektif membakar lemak dan kalori pada tubuh.
  3. Memperkokoh dan menguatkan tulang Anda. Bersepeda mengandalkan kekuatan kaki dan juga tangan pengendaranya. Bersepeda secara rutin dapat memperkuat bagian betis, paha, lengan dan pergelangan tangan.
  4. Meningkatkan energi di dalam tubuh. Fakta menurut study oleh The Journal Psychotherapy and Psychomatics menyebutkan bersepeda bisa meningkatkan energi sebesar 20% dan menurunkan tingkat kelelahan hingga 60% pada tubuh. Sebab bersepeda mampu merangsang otak dalam melepaskan dopamin neurotransmitter yang berhubungan dengan energi tubuh.
  5. Membuat persendian menjadi sehat. Bersepeda tak seperti berlari ataupun berjalan yang banyak memberi tekanan pada persendian kaki sehingga dapat menyebabkan rasa nyeri sesudahnya.
  6. Menambah kekuatan otot. Secara otomatis seluruh otot pada tulang ikut aktif bergerak dengan rutin bersepeda tiap hari, sehingga perlahan-lahan kekuatan seluruh otot di tubuh dapat meningkat dengan drastis.
  7. Menguatkan sistem imun pada tubuh. Dengan bersepeda secara rutin daya tahan tubuh lebih terjaga sehingga dapat memperlancar kegiatan sehari-hari karena tubuh tak mudah terkena penyakit.

Related posts: