Membedakan Sunscreen Dan Sunblock

tips kecantikanProduk perawatan kulit memang banyak jenisnya, oleh sebab itu penting untuk mengetahui jenis-jenis, perbedaan serta fungsi agar penggunaannya tepat dan hasilnya maksimal. Wilayah Indonesia yang beriklim tropis, sinar mataharinya cukup menyengat. Kulit yang terlalu lama terpapar sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama, akan membuat kulit mengalami kerusakan seperti keriput, terbakar, kulit gelap, tanda-tanda penuaan dini bahkan risiko kanker kulit. Oleh sebab itu penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari. Mungkin sebagian orang akan menyebut sunblock atau sunscreen, lucunya mereka tidak bisa membedakan keduanya. Baik sunscreen maupun sunblock memiliki kesamaan, yaitu untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet matahari. Namun, pada faktanya keduanya tetap saja berbeda dari segi cara kerja serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara Kerja Sunscreen Dan Sunblock Pada Kulit

Sunscreen biasa kita temukan di produk-produk perawatan kulit berupa lotion. Sunscreen mengandung bahan kimia yang sifatnya menyerap dan mengurangi dengan menyaring sinar ultraviolet khususnya sinar UVB. Sunscreen memiliki tingkatan SPF (Sun Protecting Factor) dalam melindungi kulit, semakin tinggi angkanya maka semakin lama durasi sunscreen tersebut untuk melindungi kulit. Sedangkan sunblock memiliki sifat untuk memantulkan atau memblok sinar ultraviolet agar tidak mencapai kulit. Sunblock memiliki perlindungan sekaligus terhadap sinar UVA dan UVB. Berbeda dengan sunscreen, sunblock tidak memiliki tingkatan berapa lama durasi perlindungan yang diberikan. Ketika sunscreen dioleskan ke kulit, maka akan menyerap ke dalam kulit sehingga tidak terlihat mata atau transparan. Berbeda dengan sunblock yang ketika dioleskan ke kulit akan terlihat tebal dan sedikit putih seperti krim yang dioleskan ke kulit. Uniknya, sunscreen akan lebih susah dibersihkan daripada sunblock.

Setelah mengetahui perbedaan dari sunscreen dan sunblock, maka dari itu bisa kita simpulkan. Bahwa sunscreen lebih cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari di luar ruangan seperti ketika akan berangkat kerja, sekolah, bermain di taman dan aktivitas di luar ruangan lainnya. Sedangkan sunblock, lebih tepat digunakan ketika berjemur atau bermain di pantai.

Related posts: