Memulai Usaha Jasa Laundry

peluang usahaPeluang bisnis jasa laundry semakin hari semakin diminati konsumen sebagai pengguna jasa. Hal ini dikarenakan meningkatnya kesibukan dan kegiatan yang dilakukan sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri di rumah. Sekalipun ada waktu pasti akan digunakan untuk istirahat. Sehingga jasa laundry sangat berguna bagi mereka yang memang sibuk. Sebenarnya bisnis ini di Indonesia sudah ada sejak lama. Akan tetapi pada saat itu hanya digunakan oleh kalangan elit saja, namun saat kalangan biasa bahkan mahasiswa memanfaatkan jasa laundry ini. Laundry kiloan sendiri memang untuk kalangan menengah ke bawah seperti mahasiswa dan pekerja yang merantau di daerah lain. Sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk hanya sekedar mencuci pakaian saja.

Karena faktor tersebut maka usaha jasa laundry dapat berkembang dengan pesatnya dan menjamur dimana-mana. Apalagi jaman sekarang orang maunya serba instan, jadi jasa laundry merupakan salah satu pilihan alternatif yang mudah dan praktis meskipun harus merogoh kocek hanya untuk mencuci pakaian.

Sebelum membuka usaha laundry ada baiknya lakukan survei terlebih dahulu. Hal ini berguna agar Anda dapat mengetahui dan mengantisipasi segala hal yang akan terjadi nantinya pada saat Anda menjalankan bisnis laundry ini. Selain itu Anda tidak hanya mensurvey lokasi tempat usaha saja tapi juga mensurvey minat dari masyarakat sekitar akan usaha laundry yang akan Anda dirikan.  Setelah itu Anda juga harus mencari peralatan yang diperlukan dalam membuka usaha laundry ini seperti mesin cuci, setrika, sabun hingga plastik pembungkus pakaian. Kemudian lakukanlah promosi yang kreatif hingga dapat mengundang konsumen untuk memakai jasa laundry Anda.

Sukses tidaknya suatu usaha memang tidak dapat diprediksi akan tetapi kita dapat mengantisipasi hal tersebut dengan pemilihan lokasi yang cukup strategis bagi pengguna jasa laundry seperti daerah kampus, kost-kostan mahasiswa atau pekerja, daerah perumahan yang mayoritas penghuninya bekerja atau lokasi lain yang cukup ramai. Kemudian pilihlah bahan baku mencuci dan mesin cuci yang berkualitas baik hingga tidak membuat pelanggan kecewa.

Related posts: