Mengenal Dua Jenis Kain untuk Model Baju Gamis

model baju gamisBaju gamis merupakan salah satu jenis busana muslim yang sangat cocok untuk digunakan oleh wanita-wanita muslimah. Baju gamis dibuat panjang dan cenderung longgar agar dapat menutupi seluruh aurat seorang muslimah. Model baju gamis ini sebenarnya sangat mirip dengan model pakaian harian yang biasa digunakan oleh ibu-ibu di Indonesia, yaitu daster. Namun tentu saja bahan dan modelnya sedikit berbeda. Bahan kain yang digunakan untuk daster biasanya ringan dan cenderung tipis, modelnya juga hanya berupa terusan panjang biasanya dihiasi motif-motif batik khas Indonesia. Sedangkan baju gamis biasanya dibuat dengan model yang bervariasi sesuai dengan trend fashion yang ada. Untuk bahan kain pembuatannya memang bermacam-macam, dua jenis kain yang biasa digunakan adalah katun dan sifon.

Dua Bahan Kain Untuk Berbagai Model Baju Gamis

Kain katun dan sifon adalah dua jenis kain yang juga banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju gamis. Namun keduanya memiliki ciri khas yang berbeda dan biasanya juga diaplikasikan pada model baju gamis yang berbeda pula. Kain katun biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat baju gamis dengan model casual yang bisa digunakan sehari-hari sedangkan baju gamis dengan bahan sifon biasanya lebih berkesan anggun sehingga cocok untuk dikenakan saat menghadiri acara-acara tertentu. Adapun ciri khas dari masing-masing bahan kain adalah. Yang pertama baju gamis dengan bahan katun. Kain katun memiliki kelebihan mampu menyerap keringat dengan baik. Karena itu baju gamis dari bahan katun sangat tepat untuk digunakan saat melakukan aktivitas sehari-hari, terutama kegiatan-kegiatan yang menguras keringat.

Dengan model casualnya yang trendy para muslimah dapat mengenakan baju gamis katun ini untuk aktivitas kuliah atau sekedar hang out bersama teman-teman. Sedangkan untuk bahan sifon, merupakan bahan yang lembut dan ringan. Biasanya juga dibuat dalam berbagai model yang stylish. Namun sayangnya bahan sifon cenderung transparan dan terkadang dapat memperlihatkan lekuk tubuh seorang wanita, sehingga perlu ditambah dengan kain lagi pada bagian dalam ataupun luarnya. Saat memilih model baju gamis bahan sifon ini untuk dikenakan, lebih baiknya menggunakan pilihan hijab yang panjang sehingga dapat menutupi area dada dan menyamarkan bentuk tubuh.

Related posts: