Pengetahuan Seputar Penyebab Mimisan

penyebab mimisanMimisan merupakan kondisi di mana lubang hidung mengeluarkan darah secara bertahap. Mimisan sering kali dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh seseorang. Padahal, penyebab mimisan tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan pribadi saja. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya mimisan. Tidak hanya anak-anak saja yang dapat mengalami mimisan, orang dewasa dan orang tua juga dapat mengalami mimisan. Proses keluarnya darah melalui hidung kadang kala menyebabkan rasa panik yang mengalaminya. Bagaimana tidak? Dalam keadaan baik , darah segar mengucur melalui lubang hidung pastinya membuat penderita merasa kaget.

Penting Mengetahui Penyebab Mimisan

Cuaca yang dingin dan sangat panas merupakan salah satu penyebab mimisan yang sering terjadi. Lapisan hidung yang terkena cuaca dingin sangat mudah mengalami pendarahan. Tidak hanya dalam keadaan dingin saja, pada cuaca yang panas hidung mengalami kekeringan dan mudah terjadi mimisan. Penyebab lain yang dapat menyebabkan terjadinya mimisan adalah trauma terhadap lapisan hidung. Terlalu keras membersihkan hidung dapat menimbulkan luka pada hidung hingga terjadi pendarahan pada hidung. Kondisi ini menyebabkan hidung mudah untuk mengalami pendarahan. Trauma pada hidung juga dapat terjadi akibat benturan. Benturan yang keras pada hidung menyebabkan hidung mengalami pendarahan. Tidak hanya itu, penyebab lain terjadinya mimisan adalah mengkonsumsi obat yang ditujukan untuk mengencerkan darah. Kemampuan obat dalam mengencerkan darah dapat menimbulkan mimisan.

Tidak hanya penyebab mimisan yang disebutkan di atas, penyebab lain yang dapat menumbulkan terjadinya mimisan adalah terjadinya gangguan pendarahan. Bagi penderita yang mengalami mimisan secara terus menerus dan berkala, biasanya memiliki masalah pada hidung. Pendarahan hidung tidak dapat diatasi sehingga mudah untuk mengalami mimisan. Penyebab yang sering ditemui dan dialami oleh orang-orang adalah terjadinya infeksi pada saat flu. Mereka yang mengalami penyakit flu cenderung berusaha untuk mengeluarkan lendir pada hidung. Namun, cara yang mereka pilih untuk mengeluarkan lendir sangatlah salah. Bagaimana tidak? Penderita flu umumnya mengeluarkan lendir dengan cara yang dipaksakan. Karena paksaan itulah, membran pada hidung mengalami trauma dan terjadilah mimisan.

Related posts: