Pentingnya Tidur untuk Kesehatan Anda

tips kesehatanSetelah penuh beraktivitas di pagi dan siang hari, maka kita harus mengistirahatkan tubuh kita yaitu dengan tidur. Tidur merupakan kegiatan yang biasa dilakukan manusia saat mengistirahatkan tubuh. Tidur dapat mengistirahatkan jiwa dan otak kita. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kesulitan tidur di saat malam hari karena sebab atau alasan tertentu. Banyak orang tidak terlalu mengetahui betapa pentingnya tidur untuk kesehatan. Kesibukan dan kegiatan kita sehari-hari membuat kita mungkin membuat jam tidur kita berkurang. Padahal dengan tidur cukup dapat memberikan tenaga, kesegaran, dan vitalitas yang digunakan untuk kebutuhan kegiatan produktif Anda di keesokan harinya.

Tips Agar Tidur Anda Lebih Baik

Tidur yang kurang cukup dapat mengganggu kesehatan Anda seperti gangguan metabolisme, penuaan dini, meningkatkan potensi diabetes, obesitas, meningkatkan tekanan darah tinggi, ketidakseimbangan sistem hormon, dan menurunkan kemampuan ingatan. Hal yang mengganggu kita pada saat ingin tidur yaitu penyakit insomnia. Penyakit ini membuat kita susah tidur dan banyak diderita oleh banyak orang. Jam tidur yang ideal yaitu sekitar 9 jam dan paling minimal 7 jam. Biasakan tidur sebelum jam 11 malam, sebaiknya tidur antara jam 9 dan 10 malam karena sel-sel yang bertugas untuk pemulihan dan perbaikan tubuh berfungsi pada jam 11 sampai jam 1 atau jam 2 dini hari. Contoh dari sel-sel yang berfungsi memulihkan tubuh yaitu fungsi empedu yang bertugas menetralkan racun, bekerja pada saat jam 11 sampai 1 dini hari. Jika Anda masih terbangun maka racun tidak dapat dinetralkan dan akan kembali ke hati yang nantinya dialirkan ke peredaran darah.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu mengkonsumsi makanan sesaat sebelum tidur, karena sistem pencernaan tidak baik dilakukan saat tidur. Selain membuat kita lebih gemuk, makan sesaat sebelum tidur dapat mengganggu tidur kita. Tidur dalam keadaan gelap lebih baik untuk kesehatan mata Anda, bisa juga menggunakan penutup mata, atau dengan menggunakan lampu redup. Selain menghemat penggunaan listrik, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal yang dapat membuat kita susah tidur yaitu konsumsi kafein. Kopi terkenal dengan kafeinnya yang biasanya dikonsumsi untuk orang yang ingin begadang.

Related posts: