Peralatan Keselamatan Laboratorium Dalam Memproses Bahan Kimia

bahan kimiaDalam melakukan kegiatannya sebuah laboratorium harus memiliki standar yang disesuaikan dengan keselamatan dalam melakukan proses atau penggunaan bahan kimia. Bahan-bahan kimia sangat umum digunakan di dalam sebuah penelitian yang biasanya dilakukan di kebanyakan laboratorium. Selain itu zat kimia merupakan bahan yang digunakan untuk mengubah suatu zat atau bahan lain menjadi sesuatu bahan yang bisa digunakan atau dipelajari dengan menggunakan suatu proses tertentu. Dalam penggunaannya juga harus sangat berhati-hati, tempat yang digunakan untuk memproses bahan-bahan kimia haruslah steril serta memiliki keamanan yang standar. Untuk itu Anda harus mengetahui apasajakah peralatan atau standar laboratorium yang digunakan sebagai tempat pengolahan zat kimia?

Standar Peralatan Laboratorium Dalam Mengolah Bahan Kimia

Saat ini bahan kimia sangat lazim digunakan, bahkan masyarakat awam pun bisa menggunakannya. Namun untuk menjaga keselamatan sebaiknya melakukan sebuah penelitian di sebuah tempat khusus dengan standar keamanan yang sesuai. Salah satu standar keamanan yang sesuai yaitu harus memiliki ruang asam tersendiri. Bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti asam klorida, sulfat aseton dan sebagainya harus memiliki ruangan yang khusus untuk mengolahnya karena bahan tersebut sangat keras dan berbahaya jika terhirup manusia. Ruang tersebut harus memiliki pengisap gas-gas yang berbahaya sehingga orang yang berada di sana akan jauh lebih aman serta tidak membahayakan keselamatan mereka. Tersedianya alat pemadam api juga sangat diharuskan, jika kemungkinan hal buruk terjadi seperti kebakaran.

Zat-zat kimia juga ada yang sangat mudah terbakar atau saat Anda sedang menggunakan tanur dan tiba-tiba saja tanur tersebut menyala dan mengeluarkan api. Maka penanganan yang tepat yaitu disiapkan pemadam api ringan secara cepat agar ruangan yang berisi banyak bahan-bahan kimia tersebut tidak terbakar. Dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran juga di suatu ruangan tersebut harus memiliki pintu darurat untuk keluar. Jika terdapat cairan kimia yang tumpah dan sangat membahayakan gunakanlah fire blanket untuk mengatasinya. Semua alat tersebut haruslah serta wajib dimiliki di tempat-tempat yang digunakan sebagai pengolahan zat-zat kimia terutama yang berbahaya. Bagi Anda yang sedang mencari peralatan serta bahan kimia dapat dicari di situs yang tersedia tersebut.

Related posts: