Peranan Alat Listrik dalam Dunia Pendidikan

alat listrikArus deras perkembangan teknologi menyirami linang kesegaran di setiap sudut-sudut sendi kehidupan. Alat listrik adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa lepas dari teknologi. Listrik diciptakan oleh teknologi, dan teknologi dibesarkan oleh listrik. Teknologi listrik dapat dinikmati oleh semua manusia, mulai dari raja-raja hingga rakyat biasa. Manfaat listrik dapat dirasakan dalam semua lini kehidupan, baik perkantoran maupun kerja lapangan. Bahkan sampai ibu-ibu rumah tangga pun sangat membutuhkan listrik. Kebutuhan akan listrik dirasakan setiap aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia pendidikan.

Bagaimana Peranan Alat Listrik dalam Dunia Pendidikan?

Dunia pendidikan sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi listrik. Karena dari sanalah terlahir ilmuan-ilmuan yang wajahnya menghiasi layar TV kita, yang namanya dicetak di lembaran-lembaran kertas, yang jasanya selalu dikenang walau jasadnya telah tiada. Di samping itu, dunia pendidikan baik formal maupun nonformal, tidak bisa lepas dari kebutuhan akan alat listrik. Misalnya penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia. Penggunaan laptop atau komputer untuk membuat media presentasi, lampu untuk mengatur pencahayaan ruangan, sampai proyektor untuk menyorot hasil proyeksi sehingga menghasilkan daya tarik bagi pelajar dan memudahkan pengajar menyampaikan materi. Penggunaan internet dan komputer juga yang sangat bermanfaat bagi pembelajaran. Bahkan tanpa pendidikan formal di sekolah pun, semua orang bisa mengakses ilmu dari seluruh Dunia lewat internet.

Terutama dalam pendidikan ilmu pengetahuan alam, listrik sangatlah dibutuhkan. Ilmu eksak biasa menggunakan laboratorium untuk melakukan penelitian-penelitian guna mengembangkan penemuan baru, atau sekedar membuktikan kebenaran teori-teori yang ada. Dalam pendidikan kedokteran, akan fatal jadinya kalau sedang praktik laborat kemudian tiba-tiba listrik padam. Dalam laborat Kimia, bisa terjadi ledakan dan kebakaran jika listrik mengalami korsleting atau gangguan lainnya. Termasuk juga dalam pembelajaran komputer. Hasil pemrograman, desain, pengetikan, dan lain sebagainya bisa hilang permanen jika listrik tiba-tiba mati dalam keadaan belum di-save. Karenanya, perkembangan teknologi alat listrik akan terus berjalan seiring dengan kian majunya ilmu pengetahuan. Sehingga keduanya terjadi saling mengembangkan satu sama lain.

Related posts: