Stop Menganggur, Mari Berwirausaha

peluang usahaDi zaman globalisasi seperti yang sedang kita alami ini, jumlah pengangguran terus meningkat dari tahun ke tahun. Masalah utama sebenarnya bukan terdapat pada kemampuan para individu yang berada di bawah rata-rata, melainkan karena ke tidak tersediaan lapangan pekerjaan. Tidak adanya lapangan pekerjaan membuat banyak orang harus rela mengalah dan menganggur. Tak sedikit pula orang yang hanya mau bekerja sesuai dengan jurusan yang sudah diambilnya dahulu. Dengan keadaan seperti itu, jumlah pengangguran jelas semakin membludak. Sebenarnya, daripada Anda menganggur terlalu lama, lebih baik Anda membuka usaha sendiri. Nah, berikut ada dua jenis usaha yang paling mudah untuk dijalankan dan cocok untuk para pengusaha pemula.

Jenis usaha yang pertama adalah jenis usaha kuliner. Bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan, maka Anda bisa membuka usaha kuliner. Konsep usaha kuliner pun mudah, Anda bisa membuka lapak menggunakan gerobak franchise ataupun Anda bisa menerima jasa pesan antar. Jangan terlalu mengambil pusing dengan konsep usaha yang akan Anda buat. Yang terpenting dalam usaha adalah jalani dan terus jalani. Cari kesempatan yang ada di sekitar lingkungan Anda. Misalnya, menjual nasi rames ataupun menjual gorengan. Usaha kuliner tidak selalu membutuhkan modal besar lho, karena intinya adalah kemauan Anda untuk bergerak dan memulai. Jangan lupa untuk selalu menambah inovasi pada jenis usaha kuliner Anda agar berbeda dan bisa bersaing dengan usaha lainnya.

Jenis usaha yang kedua adalah jenis usaha hobi. Maksudnya adalah Anda bisa membuka usaha sesuai dengan hobi yang Anda sukai. Misalnya, bila Anda gemar bermain game terutama Playstation, maka Anda bisa membuka rental Playstation di dalam rumah Anda. Begitu pula dengan hobi-hobi Anda yang lainnya. Dengan menjalani usaha sesuai dengan yang Anda suka, maka Anda bisa bekerja dengan menyenangkan. Anda tidak akan merasakan beban, malah justru enjoy dalam menjalani usaha tersebut. Dengan ketekunan, tak mustahil usaha berdasarkan hobi akan mendatangkan untung yang sangat besar. Jadi, stop menganggur dan mulailah berwirausaha dari sekarang.

Related posts: