Tips Mencegah Terkena Penyakit Katarak Sejak Dini

Tips Mencegah Terkena Penyakit Katarak Sejak Dini

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang paling banyak di derita masyarakat umum saat ini. gejala penyakit katarak memang tidak terlihat secara spesifik, sehingga kebanyakan orang yang mengalami gejala penyakit katarak biasanya mengabaikannya karena menganggap hal itu terjadi karena mata yang kotor atau terkena infeksi. Lalu sebenarnya apa saja yang termasuk sebagai gejala penyakit mata yang satu ini? Apakah kita bisa mencegahnya sehingga katarak bisa di atasi jauh lebih dini? Katarak biasanya terjadi saat mata menjadi buram, keruh atau agak kabur yang prosesnya terjadi secara bertahap. Katarak merupakan penyakit mata yang bisa mengakibatkan kebutaan jika dibiarkan untuk tidak di obati dalam jangka waktu panjang.

Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini

Secara umum, penyakit katarak bukanlah penyakit yang bisa membuat mata terasa sakit ataupun perih. Gejala yang di perlihatkan pun sebatas hilangnya sedikit penglihatan, pandangan yang agak kabur atau penglihatan yang terjadi ganda. Biasanya masyarakat akan menganggapnya sebagai gejala minus atau plus yang biasa terjadi pada mata. Namun gejala ini patut untuk di waspadai terutama jika gejala tidak menghilang dalam jangka waktu yang cukup lama. Adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan karena bisa menjadi terkena penyakit ini.

  • Sinar matahari

Dokter menganalisa bahwa katarak bisa terjadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama sehingga membuat jaringan yang ada di  bagian mata menjadi rusak dan menyebabkan katarak.

  • Merokok

Zat yang terkandung di dalam rokok serta asap dari rokok mampu membuat mata kehilangan protein yang di kandungnya sehingga mengakibatkan mata menjadi kekurangan nutrisi yang berakibat katarak.

  • Kelebihan berat badan

Di ketahui bahwa kelebihan berat badan ternyata juga menjadi pemicu terjadinya katarak. Oleh karena itu jika Anda ingin terhindar dari katarak, sebaiknya kendalikan berat badan Anda mulai dari sekarang.

Itulah beberapa hal  yang bisa menjadi pemicu penyakit katarak. Sebaiknya jaga kesehatan mata Anda mulai dari sekarang karena mata adalah jendela dunia, salah satu panca indera yang sangat kita butuhkan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari.

Related posts: