Tips Menjaga Kesehatan Kuku

tips kesehatanKuku merupakan bagian tubuh yang kuat sama seperti gigi dan tulang. Adnya kuku melindungi ujung jari dari bahaya benturan, pada ujung jari terdapat ujung-ujung syaraf yang peka terhadap rangsangan. Kuku tumbuh dari sel, kulit ari pada pangkal kuku berfungsi sebagai pelindung dari kotoran. Kuku harus dirawat, karena apabila dibiarkan panjang dan kotor akan mempengaruhi pencernaan, dapat menyebabkan sakit perut. Sedangkan apabila yang dibiarkan panjang dan kotor adalah kuku kaki, maka akan menyebabkan masuknya kuman melalui telapak kaki, karena kebersihan kuku juga sesuai dengan kebersihan telapak kakinya.

Cara Merawat Dan Memperbaiki Kuku

Agar kuku bersih dan sehat, maka Anda harus memotong kuku secara rutin dengan menggunakan gunting kuku yang tajam, gunting kuku yang tidak tajam akan menyebabkan kuku sobek. Sebaiknya Anda tidak menggigit kuku, karena dapat membuat kuku trauma dan infeksi. Jika kuku Anda berjamur, untuk menghilangkan jamurnya dapat dilakukan perendaman kuku dalam larutan cuka. Kuku yang berjamur biasanya ditandai dengan kuku yang terasa gatal. Kemudian Anda dapat mengonsumsi makanan yang bergizi karena sangat mempengaruhi tubuh termasuk juga bagian kuku. Jika diperlukan, Anda dapat mengoleskan antiseptik pada kuku, misalnya saja dengan menggunakan tea tree oil. Kemudian Anda juga harus menjaga kelembaban kuku, dengan cara mengoleskannya menggunakan minyak zaitun.

Anda dapat menggunakan sarung tangan untuk melindungi kuku Anda. hal tersebut sangat cocok bagi pekerjaan yang menuntut fisik dan tekanan terhadap kuku. Bagi kaum hawa, Anda harus teliti dalam memakai cat kuku, tidak boleh sembarangan. Untuk membersihkan bekas cat kuku juga tidak boleh asal. Bagaimana jika kuku kaki Anda telah rusak? Jika demikian maka Anda harus memberikan sepatu yang tidak tertutup, agar memberikan ruang terbuka bagi kuku. Anda dapat mengonsumsi sumber kalsium untuk mempercepat sembuhnya kuku. Selain itu, merendam kuku di air garam dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri. Rendaman air garam dapat membantu mempercepat kering luka. Sekian informasi mengenai menjaga kesehatan kuku, semoga bermanfaat.

Related posts: