Varietas Bibit Buah Tomat

bibit buahAnda pasti tidak akan asing pada jenis buah yang satu ini, buah yang berwarna merah atau hijau yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan ini sangat melimpah jumlahnya di sekitar Anda sehingga sangat mudah dijumpai di pasar atau Anda dapat membudidayakannya sendiri dengan biji sebagai bibit buah tomat. Buah tomat dapat tumbuh di berbagai macam daerah karena tanaman tomat sangat mudah tumbuh dan dapat berkembang dengan cepat. Meskipun dapat hidup di berbagai daerah, tomat akan jauh lebih tumbuh subur dan baik pada lokasi penanaman yang lembab

Apa Saja Varietas Bibit Buah Tomat?

Varietas bibit buah tomat terbagi menjadi 4 macam yaitu tomat taiwan, intan, zamrud dan opal. Perbedaan dari keempat jenisĀ  varietas tersebut adalah bentuk dari buah tomat yang dihasilkan. Tomat taiwan merupakan jenis tomat yang memiliki bentuk yang dapat dibilang paling menarik dari jenis tomat lainnya. Tomat varietas intan ini merupakan jenis tomat yang memiliki bentuk yang kecil-kecil seperti buah apel yang biasanya berwarna hijau bentuknya paling kecil dari jenis tomat ainnya. Ketiga adalah varietas zamrud, tomat jenis ini memiliki rasa yang sangat manis dan berbentuk bulat. Biasanya dimanfaatkan untuk membuat jus tomat dan campuran aneka jenis makanan lain seperti salad. Serta yang terakhir adalah varietas opal, varietas ini memiliki bentuk bulat namun agak lonjong serta memiliki rasa yang cukup asam. Selain keempat jenis varietas buah tomat tersebut terdapat jenis tomat lain seperti tomat biasa, tomat ceri dan tomat kentang. Jenis tomat tersebut hanya dapat dipanen sekali dan sangat berbeda dengan jenis keempat varietas tomat di atas yang dapat dilakukan panen sebanyak tiga kali.

Bibit buah tomat yang ditanamkan akan mempengaruhi jenis buah tomat yang akan dihasilkan. Waktu panen yang lebih banyak dan cepat akan memberikan keuntungan yang melimpah bagi petani tomat. Cara budidaya yang tidak rumit dan lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas merupakan keuntungan tersendiri dalam membudidayakan buah tomat.

Related posts: