Yuk Ketahui Beberapa Kebiasaan yang Harus Anda Hindari Setelah Makan

tips kesehatanKesehatan memang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Tanpa sehat tentunya manusia tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, maka dari itu sampai ada ungkapan bahwa sehat itu mahal. Ungkapan tersebut sangat tepat sekali mengingat bahwa jikalau manusia sakit pastilah membutuhkan beberapa biaya yang tidak sedikit untuk bisa mengobati dirinya dari berbagai macam gangguan penyakit yang bersarang di tubuhnya. Nah orang sehat bisa ditandai dengan cara makannya yang sangat lahap. Berbicara mengenai makan, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang memang seharusnya dihindari setelah selesai makan. Namun sayangnya, fakta di lapangan banyak orang-orang yang justru melakukan beberapa kebiasaan ini setelah mereka selesai makan. Kebiasaan apakah itu?

Nah beberapa kebiasaan setelah makan yang akan diulas nanti tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan Anda. Namun banyak orang yang tidak mengetahuinya atau malah lebih terbiasa melakukan beberapa hal berikut ketika mereka selesai makan. Kebiasaan yang wajib untuk Anda hindari setelah makan adalah yang pertama,  merokok. Kita pastilah sudah mengetahui semua atau bahkan hampir semua orang terutama laki-laki memiliki kebiasaan merokok setiap kali selesai makan. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan ini justru mengganggu kesehatan Anda karena kandungan nikotin  dalam rokok dapat mengganggu proses pencernaan dan lebih parahnya dapat menyerap zat karsinogen yang dimana ini merupakan suatu zat pemicu kanker dalam tubuh.

Kedua, mandi. Sebaiknya hindari kebiasaan mandi setelah makan karena hal ini dapat memperlambat aliran darah dalam tubuh sehingga darah Anda akan sangat rendah untuk pencernaan Anda. Ketiga,  makan buah. Bagi sebagian orang mungkin tidak tahu kebiasaan memakan buah setelah makan itu dikiranya sehat, namun sama sekali tidak karena memakan buah setelah makan, serat yang ada di dalam buah tidak akan terserap oleh tubuh. Keempat, minum teh. Meminum teh setelah makan hanya akan mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dari makan yang kita konsumsi akibatnya kita bisa menjadi lapar kembali walaupun sudah makan makanan yang bergizi. Kelima, duduk terlalu lama. Hal ini dikarenakan jika Anda duduk terlalu lama maka akibatnya pencernaan Anda akan terganggu. Sebaiknya Anda memang harus jalan-jalan sebentar untuk melancarkan pencernaan Anda. Dan yang terakhir adalah latihan kekuatan serta rebahan. Keduanya ini tidak baik Anda lakukan jika setelah makan karena nantinya akan menimbulkan cegukan dan menyebabkan asam lambung Anda naik. Nah jika memang Anda selama ini terbiasa melakukan kebiasaan tersebut setelah sesudah makan, maka sebaiknya hindari saja karena nantinya justru akan menimbulkan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Related posts: