Yuk Ketahui Cara Dokter Mendiagnosis Kanker Serviks

kanker serviksHidup di abad ke 21 ini memang semuanya serba gampang berkat kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini juga yang dimanfaatkan oleh ilmu kedokteran untuk mendiagnosis suatu penyakit tertentu. Diagnosis sendiri merupakan prosedur yang dilakukan oleh dokter untuk mengetahui suatu penyakit tertentu. Diagnosis kanker serviks juga sangat dibutuhkan di dalam ilmu kedokteran karena penyakit ini terkenal sebagai suatu penyakit kanker pembunuh perempuan nomor satu di dunia. Maka dari itu perkembangan ilmu pengetahuan ini sangat membantu para dokter untuk mendiagnosis sejak dini seorang perempuan apakah diri nya positif terkena kanker ini ataukah tidak.

Cara Diagnosis Kanker Serviks

Kanker serviks sendiri merupakan salah satu kanker yang menyerang mulut rahim perempuan. Sedangkan mulut rahim perempuan itu letaknya adalah diantara rahim perempuan dan vagina. Jadi bisa dikatakan mulut rahim itu merupakan suatu jalan untuk menuju rahim. Karena memang menyerangnya di bagian mulut rahim maka kanker ini juga bisa dikatakan kanker mulut rahim. Dideteksi lebih dini jauh lebih baik daripada terdeteksinya terlambat. Karena walau bagaimanapun jika seorang perempuan sudah tahu semenjak dini mengenai kanker mulut rahim yang menyerangnya, pastilah penanganan dan pengobatannya akan membantu memperpanjang umur dari perempuan itu sendiri. Untuk mendeteksi kanker mulut rahim dari tubuh perempuan ini diperlukan dengan beberapa diagnosis dari dokter. Nah berikut ada dua cara yang dipakai oleh dokter untuk mendeteksi suatu kanker ,mulut rahim tersebut sudah bercokol dalam tubuh perempuan ataukah belum.

Cara pertama adalah dengan menggunakan prosedur kolposkopi. Kolposkopi sendiri merupakan pemeriksaan leher rahim untuk mencari kelainan. Nantinya dokter akan memeriksa vulva, vagina dan leher rahim dengan menggunakan kaca pembesar. Dalam proses ini tentunya dokter juga dibantu oleh mikroskop yang ujungnya terdapat lampu kecil. Jika terjadi suatu kelainan pada proses ini, dokter akan mengambil sampel dari leher rahim dan diperiksa di mikroskop apakah sampel tersebut terdapat sel kanker ataukah tidak. Kedua, dengan cara biopsi kerucut. Cara ini akan memeriksa beberapa sel yang terdapat di leher rahim dengan menggunakan mikroskop untuk menentukan apakah sel-sel tersebut terdapat sel kankernya ataukah tidak. Cara ini dilakukan dokter dengan membius sang pasien yang dimana akan menimbulkan efek samping pendarahan. Nah diagnosis ini sangat perlu dilakukan untuk membuat pengobatan kanker serviks.

Related posts: